Tuesday, July 9, 2019


Pengalamanku ketika menjadi kelas  XII


     Sejak Juni kemarin udara terasa semakin dingin. Aku kira itu karena daerah tempat tinggal ku yang berada di tengah-tengah pegunungan. Tapi ternyata itu semua karena Moonson Dingin Australia.

Disamping udara yang membuat diriku menggigil setiap paginya, pikiran adik-adik yang baru mau naik kelas pun ikut menggigil. Dihantui oleh pikiran-pikiran yang masih mereka terka. Humm

'Menjadi seorang Kakak Kelas'

Jujur, apa yang kalian pikirkan ketika pertama kali mendengar kalimat itu?. Apakah senang karena akan menjadi seorang kakak senior? Atau justru sedang bingung dengan segala urusan belibetnya?

Jika kamu sedang merasa senang akan menjadi senior, tolong kamu segera sadar bahwa kelas XII itu bukan saatnya kamu berlagak sok senior dan mengecilkan adik kelasmu, tapi ini adalah saat penentuan nasib masa depanmu dikemanakan. Dan jika kamu sedang merasa bingung atau bahkan takut dengan segala urusan kelas XII yang terkenal akan kebelibetan serta memusingkannya itu, santaii~ hari ini kita tumpas ketakutan kamu okay!

Here we gowwww!!

Pertama perkenalkan dulu, aku adalah seorang anak perempuan berumur 17 tahun, dan baru saja menyelesaikan masa putih abuku pada bulan Mei kemarin. Mantan siswi MIPA SMAN 13 Garut. Masih hapal semua sudut waktu ketika kelas XII kwkkw. Aku ini adalah siswi yang terbilang 'haweuk' akan berorganisasi. 5 macam organisasi dan ekstrakulikuler aku ikuti di sekolah, belum lagi organisasi diluar sekolah. Di setiap satu organisasi itu aku mengemban tanggung jawab yang besar. Keteteran atau bahkan ketinggalan adalah hal yang sudah sering aku jumpai.

Sampai-sampai aku selalu kena marah Bapak wali kelas karena terlalu sering absen dispen mengurusi tugas negara itu eheheh. Tapi itu bukan karena beliau tidak suka yaa, itu karena beliau sayang akan masa depanku.

Awal sekali akan masuk kelas XII, seperti kalian sekarang ini. Di waktu libur bahkan masih kelas XI pun, kami juga bingung dan ketakutan

"bagaimana yaa kelas XII? Huuu horor!"

"kelas XII gurunya killer killer :(("

"yahh ga bisa liburan panjang deh, karena banyak banget ujian!"

"dulu kita yang bilang selamat berpusing-pusing ria kakak! Eh sekarang gue yang mau berpusing-pusing ria :'(( "  

"Ujian Praktek, USBN, UN, SNMPTN, UTBK, SBMPTN, UM! Mabok aku"

“kelas XII pasti banyak tugas !”

"belum lagi harus pilih jurusan buat kuliah, aku kan belum tau soal kuliah"

"mana harus belajar yang giat, auto jadi kutu buku nih"

"males banget belajar, lebih seru main game :(”

 ... Dan sebagainya

Dipikir-pikir yang kita lakukan itu cuma nethink dan ngeluh. Tanpa ada usaha.. belum apa-apa udah kalah duluan ,-

Nih sedikit uraian tentang masalah-masalah diatas menurut pengalaman ku.

1. Kelas XII horor!

      Kelas XII itu ga horror, biasa aja~ santai, belajar biasa, ada murid, ada guru, ada pembelajaran. Ga ada yang aneh ko, cuma ujian yang terbilang banyak padahal sih ga banyak-banyak amat. Horror kalo di kelas kamu kerjaannya cuma tidur, nyanyi-nyanyian, 'jojorowokan teu puguh', jarang ngerjain PR, NYONTEK, dan jarang piket kelas! Wkwkwk. Pasti dah siap siap kena omelan wali kelas. Juga bakal celingukan disaat waktu Ujian dan kuliah datang.

2. Kelas XII gurunya killer!

Guru-gurunya justru super duper baik bangett sekali :) saking baiknya aku deskripsikan secara bertele-tele (Jangan ditiru nanti KTI kamu di tolak wkwkwk). Jadi sebenarnya mereka itu ga galak sama sekali. Lebih tepatnya mereka itu tegas. Mereka justru lebih care dan perhatian sama kita, terutama sama masa depan kita. Kalo kamu dimarahin sekalipun berarti kamu sedang berbuat salah. Contohnya, guru lagi ngejelasin suatu materi, yang lain ngedengerin kamu malah tidur atau ngobrol sama temen sampe cekakak cekikik, pantas ga kalo guru kamu marah? Kalo menurut aku itu sangat wajar, bahkan melemparmu dengan penghapus pun itu wajar. Karena kamu tidak menghargai orang lain, apalagi ini orang tua. Tidak hanya guru kelas XII, guru SD pun pasti marah. So? Guru kelas XII itu tidak killer okay. Asalkan kamu tidak cari masalah.

3. Ga bisa liburan!

     Gaisss kelas XII tidak semenyeramkan itu :' kita tetep dapet libur ko. Kamu bisa liburan sama kaya adik kelas kamu. Bedannya cuma di waktu aja, disaat adik kelas kamu libur, kamu harus sekolah. Nahh disaat adik kelas kamu sekolah, kamu libur panjanggggg hihihi~~

Kadang juga bareng sama adik kelas, mereka libur kita juga libur. Calm down.. refreshing itu penting, masa iya mau terus-terusan belajar tanpa bernafas sejenak. Bisa botak kalo gitu..

4. Harus mikirin tentang kuliah!

   Adik-adik, semua tentang kuliah itu diajarin secara bertahap. Kalian ga dituntut harus paham semuanya dalam waktu yang singkat. Ajaib banget kalau kalian langsung paham betul detail tentang kuliah. Bagus-bagus kalau kamu udah mulai nyari tau dasar-dasar awalnya. Nanti guru BK akan bimbing kamu dari ga tau apa-apa sampe jadi pembantu temen yang lain mengenai urusan kuliah, beasiswa, dsb.

   Dimulai dari kenali bakat dan minat kamu dulu, sampai kamu temukan dimana sih dan apa sih yang cocok buat aku. Jadi jangan khawatir.

5. Kelas XII banyak tugas!!

     Kalo untuk tugas, kelas X sama XI pun juga pasti ada tugas, jumlahnya ga banyak kok. Sama aja kaya kalian dulu kelas X XI. Mungkin bedanya adalah bobot dari tugas itu. Ya namanya juga kelas XII udah mau kuliah dan dituntut buat terbiasa akan tugas.

Dulu guruku pernah bilang “orang yang ga bisa kuliah itu adalah orang yang malas mengerjakan tugas dan orang yang suka menyontek. Hidupnya aja mereka gantungkan pada orang lain. Bagiamana masa depannya?.” Tuhkan sebenarnya tugas itu bukan beban, tapi justru pelatihan supaya kita tanggung jawab juga mandiri.

Ini adalah sedikit pengalamanku mengenai tugas.

Jujur menurutku tugas yang paling agak seram itu KTI alias Karya Tulis Ilmiah. Tapi tugas ini juga seru banget. Kenapa bisa seram? Karena rangkaiannya itu, dan proses bikinnya yang Alhamdulillah bikin kita bolak balik rumah Pak guru terkait. Tapi bisa aja sih dikerjain di sekolah.

  • Membuat 3 buah judul sesuai tema yang didapat
  • Membuat kerangka KTI
  • Menyusun KTI
  • Revisi
  • Persetujuan
        Pertama kita bakal dibagi kelompok yang terdiri dari 2 orang. Saran : pilihlah teman yang dekat. Dekat rumahnya, dekat pikirannya, juga dekat kemauannya. Jadi kamu bakal nyaman. Setelah itu, kamu bakal di dikasih tema secara acak, dan itu akan menjadi dasar pembuatan KTI kamu. Lalu kamu disuruh menentukan 3 judul yang nantinya akan dibantu pilihkan oleh Bapak.
         Setelah itu, kamu tinggal bikin kerangka. Disinilah kesalahan banyak diperbuat :) Jadi harus banyak-banyakin nanya dan konsul, mau di sekolah saat pembelajaran, mau di sekolah saat waktu lenggang, atau lagi santai bisa ke rumahnya pak guru. Guru itu kadang juga ada moodnya dan kesibukannya masing-masing, makanya jangan sampai leha-leha yaa. Kejar teross pepet ajaa wkwkwk.
       Karena KTI ini juga salah satu tugas wajib yang membantu nilai B.Indonesia di raport kamu lulus dengan nilai bagus. Kalo kamu ada masalah ditugas ini, urursan bisa belibet.
      Nah setelah kerangka akhirnya jadi. Kalian lanjut membuat KTI seutuhnya. Tinggal kembangkan aja judul-judul yang ada di kerangka ke dalam isi KTI sampai jumlah halaman KTI kamu terpenuhi. Misalnya KTI itu minimal harus 80 lembar. Nah selamat berhalu ria. Dalam penyusunan isi juga haruslah sering konsul.
      Dulu aku dan partnerku juga sering pulang  sore karena konsul. Dan juga sering kerja kelompok sampai larut malam karena ingin tekanan ini segera lenyap :V sebelum menyesun KTI ada baiknya kamu melakukan observasi, wawancara, atau juga mengumpulkan banyak sekali referensi dari google. Itu sangat membantu. Kamu juga bisa liat KTI buatan kakak kelasmu. Supaya ada ide baru.
       Nyusun KTI itu katanya seperti latihan menyusun Skripsi. KTI ga ada apa-apanya dibanding Skripsi. Nah manfaatnya itu ya ini, kita jadi bisa belajar latihan skripsi dari guru yang sangat ahli. Belum tentu sekolah lain ada tugas dan guru macam di sekolah kita.
        Untuk tugas mapel lain masih normal kok. Ada penelitan, laporan, persentasi, juga mencatat :)
    6. Ujian Praktek ribet!
       Kalau tugas itu KTI yang sedikit seramnya. Ujian praktek ada yang paling sedikit menyebalkan. Yaitu uprak kesenian. Jadi ujiannya dibagi menjadi 5 bagian ; bernyanyi, menari, melukis, seni kriya, dan Drama. Menyebalkannya? Paling banyak menguras uang jajan wkwkkw. Tapi ini juga uprak paling seru! Dikelompokkan juga, jadi ga terlalu susah dikerjakan. Bernyanyi bersama dengan aransemen versi kalian, menari bersama saat flashmob di acara PENSI, melukis mencorat-coret kanvas juga lantai kelas, membeli seni kriya di selaawi karena gamau ribet, lalu menonton film bareng di kelas terus bikin laprannya deh. Selesai!
                Nah kalo mapel lain seperti ini :
    - KWU = ngegambar batik khas Indonesia (BEBAS) di kertas yang udah disediain (kertas buram) terus boleh redraw juga. Gampanggg
    - biologi = bikin makanan bioteknologi lalu bikin laporannya. Laporannya kita setorkan makannanya kita makan bareng-bareng.
    -B. sunda = Akting! Bikin film. Woahh ini paling seru. Kita belajar acting terus edit sendiri juga, isi suara. Kekreatifan dan kekompakan kelompok diuji disini. Uprak ini ada dua pilihan. Yang pertama kita drama langsung disaksikan Ibu guru. Atau kita acting, edit,terus setorkan dalam bentuk video, CD, atau dalam flashdisk yang nantinya ditonton ibu. Kalau aku sendiri ikut pilihan kedua
    - PAI = memandikan jenazah dan solat jenazah. Ini hapalan aja, tapi harusnya di praktikan. Pada patung yaa bukan jenazah asli :) kalo gitu serem juga yakan.
    - B. inggris = Cuma wawancara menggunakan bahasa inggris. Ngobrol santai aja, tap pake bahasa inggris. Ngobrol sama bapak gurunya langsung. Kalo kamu ga bisa tingga jawab ‘yes sir’ atau ‘no sir’ jangan dibikin ribet pokonya.
    Udah ya spoiler nya :V selebihnya kamu pasti jalanin sendiri. Itu udah setengah perjalanan uprak wkwkwk. Tapi mohon maaf ya kalo tahun kamu agak sedikit berbeda, ini adalah pengalamanku, entah denganmu.
    7. Kelas XII banyak Ujian!
        Oke ini mungkin menjadi part paling menakutkan ya bagi kelas XII. Tapi sebenarnya ini tuh menyenangkan loh!!

  • USBN

Ujian yang satu ini kaya UN kecil-kecilan. Di awas oleh guru dari sekolah kita sama dari sekolah lain. Duduknya juga sendiri, dan soalnya ada 2 paket. Pemerintah itu baik banget ya sama kita. Biar ga terlalu shock sama ujian, kita dibikin bertahap. Level 1 dulu terus level 2, level 3, sampai yang paling susah. Inget. Jangan NYONTEK!! Kalo ga bisa gapapa ngasal aja, jangan nyontek pokonya. Atau kalo ga bisa semua pilih aja jawabnnya A semua, atau B semua, boleh juga C semua, mungkin kamu bakal betul 5 tapi itu hasil kamu. Lebih jujur

  • UN

Nahh ini adalah akhir ujian mu nak :) edankeun *peace

Sebelum UN, biasanya ada simulasi.  Ini buat patokan kamu segimana susah sih soal UN itu. Sekitar 3-4 kalian simulasi dilaksanakan. Dan waktunya pun ga langsung blek blek gitu, tapi ada jeda nya. Tuhkan jadi kalem aja ga usah riweuh takut teu puguh' kitu. Masih bisa beajar banyak.

Buat UN sekarang berbasis komputer. Jadi kalian ga perlu bawa buku, cukup bawa pulpen aja buat 'ngotret' kalo mapel hitungan, sama kartu peserta jangan sampai lupa, terus bawa pikiran dingin :) kalo panas insyaAllah bakal blank. Jadi kuat-kuatin mental.

Oh iyaa ada yang nanya nih :

"Teh dulu teteh beli buku UN apa? Atau buku SBMPTN sama USBN gimana?"

Jujur aku ga beli buku-bukuan. Bahkan buku persiapan UN yang disediakan perpustakaan aja aku gak kebagian habis tak bersisa :) untungnya aku dikasih buku UN yang biasa ada diperpus sama kakak kelas sebelumnya. Jadi ya saat UN aku cuma ngandelin buku detik-detik UN 2017/2018, Bank soal Kimia, latihan-latihan soal UN sebelumnya, simulasi, dan YouTube. Sebenarnya selain yang aku sebutin tadi, ada satu sumber UN yang aku rahasiain. Buku catatan UN. Buku ini adalah buku kosong yang aku isi dengan rangkuman dari hasil belajar di kelas, baca buku materi kelas X, XI, dan XII, nonton youtube, simulasi, hard questions, dan bimbel sekolah. Semuanya aku rangkum dalam buku itu. Mungkin ini bisa kalian tiru, buku itu buat semenarik mungkin supaya kamu senang bacanya, dan rangkum konsepnya, intinya aja jangan panjang-panjang yang penting kamu ngerti.

Lebih bagus kalo kamu beli buku, tapi baca juga pahami jangan cuma beli. Sepengalamanku soal-soal simulasi itu mirip dengan soal UN tahun kemarin. Tapi – waktu UN tiba soal seperti asing banget dan gatau harus kaya gimana, terkhusus mata pelajaran matematika dan peminatan. Tapi karena baca buku, setidaknya kita memahami konsep. Makanya mau soal gimana pun kalo kita paham konsep pasti bisa. Tapi sebagian orang malah bilang soal UN mirip simulasi. Nah bisa juga karena paketnya banyak banget. Tips : coba kalian poto aja soal-soal simulasi, apalagi yang susah. Dibolehin ko. Sepulang dari sekolah coba kamu kerjain, atau kamu bahas deh sama temen-temen atau guru kamu. Insyaallh itu trik yang paling bagus buat latihan soal UN.

Di kelas juga biasaya 4 matpel yang diUN kan sering bahas soal UN, jadi ga perlu khawatir. Oh iya jangan lupa juga catet soal-soal yang biasa muncul, itu lumayan nambah poin untuk nilai kita.

  • SNMPTN
  • UTBK
  • SBMPTN

Untuk ketiga itu, Next time insyaAllah aku bahas di part yang lain. Bagaimana aku menentukan pilihanku.

8. harus jadi kutu buku!

Kata siapa? Pengalaman aku nih ya yang sering banget ketinggalan pelajaran. Intinya kamu harus pinter manage waktu deh. Sebenernya kunci berhasil belajar itu adalah ikhlas, niat dalam hati, dan pikiran dingin tentunya. Belajarlah sesuai dengan cara kamu sendiri, dimana gaya nyaman kamu. Apa harus kerja kelompok, atau baca sendirian ngurung terus ditempat sepi, belajar menggunakan animasi yang ditonton, atau sambil ngemil, sambil dengerin musik. Apa aja yang penting buat kamu nyaman. Kamu bakal ga sadar kalo sebenernya kamu itu lagi belajar!

Kalo aku sendiri suka baca di tempat sepi, kadang harus hening, kadang juga justru aku sendiri yang ‘gandeng siga’ reporter, kadang juga nonton youtube. Apapun. Lakukan aja. Dan perlu kamu tau waktu belajar pun berpengaruh . Ada yang suka pagi, ada yang subuh, sore, malam, dll. Itu juga di sesuaikan sama kamu.

Ngomong ngomong tentang belajar apalagi untuk persiapan UN. Sekolah juga memfasilitasi siswa siswinya yaitu dengan adanya

9. BIMBEL

    Sedikit ku bahas tentang bimbel. Ada beberapa lembaga bimbel yang menawarkan jasanya, baik itu langsung atau online dalam bentuk aplikasi. Tapi temen-temen, sepengalaman akuvbimbel yang paling ampuh itu bimbel yang disediain sekolah. Bener-bener murah dan yang pastinya paham. Apalagi pengajarnya adalah guru kita sendiri, udah ga canggung dan ga sungkan buat bertanya apalagi sharing. Tentunya kita ga diikat waktu, kapan pun bisa bertanya pada beliau.

 Dulu aku sering banget ikut nonton aplikasi bimbel online punya temenku, kadang juga ikut baca buku persiapan UN punya temenku juga, tapi itu semua cuma aku perhatikan ga aku baca sampai beres, lalu aku coba bandingin sama bimbel yang ada di sekolah, sebenarnya sama aja, bahkan lebih menyenangkan yang di sekolah menurutku. Untuk apk bimbel, tontonannya sama aja kaya kita nonton Youtube, bedanya itu lebih tersusun dan lebih lengkap. Tapi itu terserah kamu, kalo mau ikut lembaga bimbel juga ga apa-apa, bagus malah lebih banyak sumber belajar.

Sudah dipenghujung. Intinya yang aku mau sampein itu adalah : Teman-teman, kelas XII itu ga semenyeramkan yang kita bayangkan juga ga sebecanda yang kita ekspetasikan. Ga harus riweuh juga ga boleh santai. Kalo kamu mampu maka kerjakan kalo kamu belum mampu maka usahakan kalo kamu mentok ga mampu maka tinggalkan. Tapi jangan semuanya ga mampu juga..

Semuanya ada prosesnya kok, ga langsung dan ga secepat itu. Ada jedanya, juga ada waktunya. Kamu bakal diajarin dari nol sampe bisa. Ga usah takut. Kita bisa karena kita belajar dan berusaha. Kalo salah, itu wajar. proses dalam pelajaran.

Dan teruntuk kamu yang belum mampu buat beli buku UN atau buku lainnya. Ga usah sedih. Buat alternatif lain aja, contohnya kaya yang aku lakukan, bikin catatan sendiri. Dan kalo kamu juga belum mampu buat ikut lembaga bimbel ternama. Ga usah ngeluh dan maksa orang tua buat daftarin kamu. Sekolah juga nyediain bimbel yang lebih murah. Kalo kamu ga mampu buat bayar bimbel sekolah, bilang aja ke BP atau wali kelas kamu. Take it's easy! Pasti ada jalannya.

Kamu harus tau bahwa ga punya buku UN, ga ikut bimbel pun kamu bisa menjadi peraih nilai UN terbesar di sekolah. Ini bukan tentang seberapa banyak fasilitas kamu, tapi tentang seberapa besar pengorbanan dan perjuangan kamu. Eheheh Keep Fighting!

Bagi kamu yang mampu. Jangan sia-siakan kesempatan kamu! Ayoo!!! Mari sama sama terus berjuang!!!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang mau naik kelas apalagi kelas XII. Semoga dapat mengahalau ketakutan mu tentang pikiran-pikiran yang belum kamu ketahui. Mohon maaf jika dalam penulisan ini terdapat hal yang kurang baik dan benar. Ambillah yang baiknya~
Kalau ada pertanyaan boleh tulis aja di Comment :)

Terimakasih!! Selamat menjadi kakak kelas!😉

Ciao!

Garut (2019)