Sunday, December 22, 2019

Bagaimana Caraku LOLOS SNMPTN🦍


Hallo Assalamualaikum temen-temen!!!🌻

Postingan ini isinya adalah sedikit cerita bagaimana caraku lolos SNMPTN
    Ketika kelas XII tentunya seperti manusia normal, aku merasakan ketakutan dan kekhawatiran yang besar.

Takut ga bisa ikut SNMPTN, Takut ga keterima di PTN yang kita mau, takut salah jurusan, takut ga betah, takut nilainya ancur, TAKUT GA LULUS!!

  Hohoo otak kadang udah lelah kalau mikirin semua ketakutan itu. Rasanya pengen jadi kucing aja, diem tapi imut :} ga usah mikirin ‘besok aku ujiann?! Belajar sana sini, buka buku ini itu, nonton youtube seharian, dan blablabla’
     Ditambah lagi ujian kelas XII yang ga ada berhentinya, abis UPRAK, lanjut simulasi, lanjut USBN, lanjut UNBK, lanjut UTBK. Bisa dibilang kelas XII itu adalah masa ujian hidup datang :’)
  Sebenernya ga hanya ujian yang bikin pusing. Aku sendiri, ketika menginjak kelas XII masih disibukkan dengan organisasi. Bagi kalian yang aktivis mungkin dipusingkan dengn LPJ, pengukuhan, serah terima jabatan, atau harus mengerjakan proker terakhir lainnya, kemudian masih harus mengikuti acara sekolah seperti PENSI, Maulid Nabi, kunjungan, dan masih banyak lagi. Beruntunglah kalian yang bukan aktivis :) wkwkwk becanda,, kalian nyesel pasti ga jadi aktivis, banyak banget manfaatnya apalagi setelah kalian berada dikehidupan yang lebih rumit seperti kuliah ini.
   Dengan semua kesibukan atau tugas akhir yang memang harus diselesaikan, secara alamiah akan membagi fokus dan pikiranmu tentunya. Belum tugas akhir, belum harus bolak-balik BK buat konsultasi, belum harus merekap nilai, belum mepersiapkan persyaatan kuliah, belum mempersiapkan persyaratan beasiswa, belum mempersiapkan Ujian-ujian, belum lagi harus memutuskan kuliah? Kerja? atau nikah?ehh >.<, belum menentukan jurusan, belum menentukan perguruan tinggi mana sekiranya bisa menerima kita.
  Berakhirlah semua ketakutan itu dengan satu pertanyaan
“Mau jadi apa besok, kamu ga akan lanjut hidup?”
Ternyata pertanyaan itu lebih menyeramkan. Kita harus tetap hidup, masa mau kalah sebelum melangkah. Mau ga mau ya harus ngelangkah. Semua kekhawatiran dan ketakutan di atas? HADAPI

Berikut ini Timeline yang telah aku lewati :
  • Juli        : Menyambut adik kelas baru, dengan MPEK dan penerimaan anggota baru Eskul,
  • Agustus       : Ujian Karate, persiapan Parade dan Agustusan
  • September : Persiapan peralihan jabatan Pengurus OSIS, dan pemilihan ketua OSIS
  • Oktober        : LDK dan TKC
  • November : Serah terima jabatan KIR, Marching Band, dan kunjungan ke Jakarta (Btw ini juga lagi proses KTI B. Indonesia yang kudu bulak-balik tea ning)
  • Desember    : LPJ dan LDK MB
  • Januari         : Pengisian dan Verifikasi PDSS
  • Februari awal   : PENSI, dan mulai UPRAK kesenian
  • Februari tengah : Daftar SNMPTN (aku juga sempet daftar SPANPTKIN dan PMDP Poltekkes) 
  • Maret awal   : Simulasi UNBK, mulai UPRAK semua (mulai ada pemantapan UN juga)
  • Maret tengah : USBN dan Pengumuman SNMPTN
  • April awal    : UNBK 2019
  • April tengah : UTBK dan PILPRES 2019 :V (kenapa aku UTBK? InsyaAllah aku jelaskan) (dan aku sempet bikin akun SSCASN DIKDIN BKN buat daftar STAN, Tapi HANYA bikin, ga sampe DAFTAR karena udah lolos SNM Alhamdulillah)
  • April akhir  : Liburan
  • Mei awal     : Graduation atau Perpisahan
  • Juni awal   : Penugasan MPKMB IPB online (yang aku post post di Feed instagram itu :)
  • Juli            : Berangkat ke Bogor dan MPKMB (Masa Pengenalan Kampus Mahasiwa Baru)
  • Agustus Awal : Perkuliahan
  • Agst-Des   : Kegiatan Perkuliahan dan UKM
  • Sekarang : Kehidupan kuliah dan semester 1 telah berakhir huhuuu 


Gimana ? Satu tahun telah teringkas dalam satu halaman HVS :’)
     Ga sebentarkan perjalanannya. so? Kalian memang harus berproses, jangan takut duluan.

Gimana cerita selama aku berproses? Here we goww 😸

Jilid 1 “PDSS dan Pemeringkatan”
     Oke bagian ini mungkin kalian udah tau apa maksudnya. Jadi, ketika masa verifikasi data dan PDSS yang dilakukan sekolah , kita disuruh buat masukin nilai raport ke laman LTMPT agar dapat diseleksi dengan adanya pemeringkatan. Perlu kalian tau, kesempatan untuk daftar SNMPTN itu tidak didapatkan oleh semua siswa, hanya 40% siswa dari sekolah terakreditasi A, 25% akreditasi B. dan 5% akreditasi C. Lihat? Bukan hanya lolos SNMPTN yang harus sangat sangat bersaing, bahkan untuk mendapat kesempatan daftarnya saja harus bersaing dengan teman-teman satu sekolah, hanya sedikit orang yang bisa mendapatkan kesempatan ini. Bersyukurlah bagi kalian yang mendapatkan kesempatan ini. Tugas kalian adalah memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Pastikan kamu memasukan nilai raport dengan benar tanpa ada kesalahan sedikit pun. Jika terjadi kesalahan, atau perbedaan anatara nilai yang kamu masukan dan yang tertera di raport urusannya akan ribet. Pastikan dengan baik oke

Selanjutnya , kalau nanti kamu termasuk orang yang mendapatkan HIJAU pertama, maka langkah selanjutnya adalah

Jilid 2 “Persiapan Daftar SNMPTN dan Beasiswa Bidikmisi”
Sebelum daftar SNMPTN dan BM banyak hal yang harus dipersiapkan, karena SNMPTN dan BM ini daftarnya beriringan mungkin di bawah akan aku khususkan bagi kalian yang ingin daftar BM, buat yang ga mau? Skip aja

🗝Hal hal yang aku lakukan sebelum daftar SNMPTN :
1. Buat daftar Jurusan
      Disini aku tulis semua jurusan yang aku ingin dalam satu buku khusus impian. Kalau kalian pengen tau, aku menulis banyak banget macam jurusan yang aku minati, ada yang aku emang suka, dan ada juga yang karena namanya bagus jadi aku tulis di list. Pokonya semuanya yang menarik bagi kamu tulis aja.

2. Buat daftar PTN
     Langkah selanjutnya adalah menulis semua PTN, PTS, atau kedinasan yang kamu mau. Mimpi aja dulu kan ga bayar wkwkwk. Sebanyak-banyaknyaa oke

3. Satukan langkah 1 dan 2
     Di sini kamu buat halaman baru untuk tiap PTN dan jurusannya. Misal, judulnya UGM di bawahnya kamu tulis list jurusan yang kamu mau dan ada di UGM. Tujuannya agar lebih mudah buat kamu mempertimbangkannya satu-satu. Kemudian, tambahkan keterangan :
  • kelebihan dan kelemahan dari tiap jurusan
  • prosfek kerjanya
  • UKT (biaya per semesternya)
  • matkul apa saja yang akan dipelajari (opsional)
  • Persen Persaingan WAJIB, terdiri dari jumlah pendaftar dan kuota

Tata penempatannya sesuaikan dan kreasikan sesukamu, supaya dapat dimengerti dan terbaca oleh orang lain. Mau dihias hiasin juga boleh wkwkw, biar semangat litanya.

4. Rekap Nilai
      Ini adalah yang paling penting, sebagai gambaran awal bagaimana kita sadar diri :’)

Caranya adalah :
     Kamu bikin sebuah table yang isinya : nama mata pelajaran, nilai matpel setiap semester dari semester 1-5, kemudian kolom jumlah dan rata-rata.
Dari situ kalian masukim satu-satu dan jangan sampai ada yang salah, cek berkali-kali kalau perlu.
📢Nb :
*untuk matpel peminatan seperti ekonomi dan sosiologi, kalian tulis aja seadanya, walaupun bakal kosong beberapa kolom. Tulis aja semuanya, seadanya. Nanti guru BK bakal ngarahin matpel apa aja yang bakal dimasukkan ketika daftar SNMPTN, aku lupa soalnya. Nanti kalau inget aku tambahin di akhir halaman.
*untuk daftar SNM ga semua nilai raport dimasukkan
* PERHATIKAN RAPORT kamu ga ada yang salah, misalnya ada yang
Keterangannya tidak muncul atau error, pokonya raport harus ga ada
masalah. Kalau ada kesalahan, segera urus dan benarkan terlebih dahulu.
BENARKAN BUKAN BESARKAN NILAI TOLONG

5. Urutkan daftar impian kamu dari yang paling kamu inginkan diikuti dengan alternatif-alternatifnya.

6. Eliminasi
     Setelah tau rata-rata kamu berapa. Sadar dirilah untuk mengeliminasi Jurusan atau bahkan PTN yang kamu kira terlalu tinggi dalam daftar impianmu. Dengan cara melihat data pendaftar dan persen persaingan tahun lalu di Web PTN masing-masing PTN yang kamu mau

📢Note!!
  • Ini hanya dalam rangka daftar SNMPTN, karena dalam SBMPTN dan UM atau jalur lainnya itu berbeda hal, karena SNMPTN ini menggunakan raport jadi kamu harus sadar dalam membelanjakan nilai kamu. Tapi kalau kamu yakin dengan pilihanmu, Fine the choice is yours.
  • O iyaa, kamu juga harus tau bahwa rata-rata nilai raport itu berbeda-beda tiap sekolah, sepengalamanku dulu teman-teman dari sekolah berbeda memilki rata-rata nilai raport yang WOW dibandingkan sekolah kita yang ga akan jauh dari 83,84.85. tapi jangan takut, memang seperti itu sistemnya, tiap sekolah memiliki tingkat kesusahan masing-masing dalam memeberi nilai, ada yang gampang memberi nilai 90, ada juga yang susah memberi nilai walau 80. Selamatt!! Sekolah kta adalah sekolah yang normal dalam meberi nilai, jadi ga perlu takut.

Pilihlah PTN dan jurusan yang benar-benar kamu mau, cocok denganmu, dan pantas bagimu.

7. Perkecil lagi pilihanmu.
       Sebenarnya perkecil disini itu bukan berarti harus menghapus impian-impian kamu yaa, tapi lebih memprioritaskan.
Siapkan alternatif
       Selain daftar PTN, siapkan juga list PTS atau kedinasan yang kamu mau, caranya sama seperti kamu membuat daftar PTN dan jurusannya. Jangan lupa kelengkapan datanya juga.

8. Konsultasi Ke BK
      Setelah kamu punya data rekap nilai raport, kemudian pilihan prioritasmu yang lengkap dengan pengetahuanmu tentang jurusan itu, persen persaingannya, keahlianmu, tipe kepribadianmu, alasan memilih jurusan itu, data UKT, dsb. Segera konsulkan ke guru BK. Agar kamu dapat diarahkan, kemudian dapat diberi pencerahan. Konsultasilah setelah kamu benar-benar siap untuk menjawab pertanyaan dari guru BK. Jawaban pertanyaannya adalah gaambaran mengenai jurusan itu sendiri, seperti yang kamu tulis dalam buku impian, itulah tujuan menuliskan kelengkapan data setiap jurusan yang kamu ingin.

📢Note !
  • Setiap PTN memiliki ketentuan masing-masing. Ada jurusan yang hanya menerima anak IPA ada yang hanya anak IPS dan ada yang keduanya. Kamu juga perlu cari tau itu.
  • Prinsip SNMPTN adalah harus sejalan dengan jurusanmu di SMA, jadi buat kamu yang IPA carilah jurusan di PTN yang memang sejalan dengan Sains, jangan dulu ambil yang Soshum. Karena selain mebuat peluangmu diterima kecil, kamu juga telah merampas jatah anak IPS untuk bersaaing. Kecuali daftar SBMPTN dan UM, kamu BEBAS mau pilih yang mana. (ingat!! sesuai ketentuan PTN masing-masing)

9. Konsultasi dengan Orang Tua
       Ini juga ga kalah penting. Konsultasikan jurusan dan PTN keinginanmu. Boleh setelah konsul, semasa konsul, atau ketika kamu masih membuat daftar PTN. Sehingga orang tau kamu tau keinginanmu bagaimana, dan kamu akan terhindar dari debat antara keinginan orang tua dengan diri kamu sendiri. Enak bukan kalau keinginan kita dan orang tua sejalan, kalau terjadi perbedaan coba diskusikan dengan baik-baik karena ini menyangkut masa depanmu.
Dan jangan lupa minta doa restu mereka, karena seijin mereka dan Allah lah urusan kita akan dipermudah.

10. Ikuti proses pembelajaran BK di kelas
    Nah,, ini biasanya sering dianggap sepele oleh siswa. Kalian harus mengikuti baik-baik matpel BK di kelas XII, karena disini ibu guru akan membantu kamu menemukan jati diri kamu, keprbadian, dan hal-hal apa yang sekiranya cocok dengan kamu. Kemudian, ibu akan menyuruh kamu mengerjakan penugasan BK yang akan sangat membantu kamu. Intinya apapun yang disuruh, kerjakan dengan baik, karena hanya di kelaslah kamu benar-benar punya waktu lebih dengan guru BK untuk banyak bertanya dan mendapat banyak pengetahuan baru mengenai kuliah tanpa harus pergi ke BK :V *mungkin bagi kamu yang Mageran

11. Istikharah
      Berdoa dan mintalah petunjuk kepada Yang Maha Agung, setelah usaha dan ikhtiar yang kita lakukan apalagi selain memohon, agar dipermudah dan diistiqomahkan dalam pendirian.

12. Persiapkan persyaratan
      Setelah siap dengan semua pilihan dan alternatif, siapkan persyaratan awal. Seperti
  1. Potocopy raport dan legalisir
  2. Potocopy KTP kamu, KTP orang Tua
  3. Potocopy KK
  4. Potocopy Akta kelahiran
  5. Potocopy Ijazah dan legalisir
  6. Potocopy Sertifikat dan legalisir *bagi yang punya
  7. Buat Surat Keterangan Kelas XII
  8. Surat kelakuan baik dari sekolah
  9. Surat keterangan telah mengikuti UN (jika belum ada ijazah)
  10. Poto 3x4, 4x6, latar merah (poto ijazah)
  11. Dsb


📢Note!
  • Alternatif disini adalah jalan kedua, ketiga, keempat, kelima, … jika kamu tidak berhasil dalam pilihan pertamamu. Sebagai manusia kita ga pernah tau bagaimana nasib dan takdir kita kedepannya, jadi kita harus mempersiapkan segalanya sebaik mungkin.
  • Contoh data diatas susai kebutuhan yaa. Konsultasikan juga kepada guru BK
  • Tapi untuk PC KK, akta, dan lain-lain sepertinya memang kebutuhan kamu yang harus diperbanyak.

🗝Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk Beasiswa Bidikmisi
   Sedikit deskripsi mengenai Bidikmisi. Jadi bidikmisi ini adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa yang kurang mampu dan berkeinginan besar untuk kuliah. Masalah pinter atau engganya itu urusan belakangan, yang penting kamu ada KEMAUAN buat sekolah. 
   Beasiswa ini diberikan hingga kamu lulus, kamu ga harus susah payah membayar UKT selama kamu kuliah (tentunya kuliah yang lulus tepat waktu ya ehehe) kemudian kamu juga bakal dikasih uang jajan atau bekal hidup setiap bulannya, besarnya? Lumayan. Cukup buat memenuhi kebutuhan, Tidak cukup jika untuk hedon.
 Beasiswa ini datangnya dari uang masyarakat. Nah, oleh karena itu sebagai anak bidikmisi kita harus berterimakasih karena telah dibiayai sekolah, caranya yaitu dengan kamu berprestasi, dan mengabdi kepada masyarakat, serta mendukung hal-hal yang dapat membantu masyarakat. Intinya kamu ga boleh apatis, udah dikasih keringanan malah lempeng-lempeng wae. Banyak ko bentuk terimakasih yang bisa kamu lakukan untuk masyarakat. Jadi mahasiswa yang rajin aja itu udah jadi salah satu bentuk terimakasih kalian kepada masyarakat.
    Nah untuk kamu yang mau jadi anak BM, tolong bekerja ekstra okee. Karena persyaratan kamu harus kengkap dan benar.
     Kamu akan membuat akun calon BM di web bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id setelah itu kamu akan mendaftar SNMPTN/SBMPTN/UM sebagai calon BM. Untuk dinyatakan lolos BM atau tidaknya itu tergantung PTN yang kamu daftarkan, ada yang lolos SNMPTN tapi BMnya engga, ada juga yang lolos kedunya. Alhamdulillah aku adalah salah satu contoh yang kedua. InsyaAllah BM kamu akan lolos, asalkan kamu jujur, tidak mengada-ada.

Berikut data yang aku inget yang harus di persiapkan :
1. PC KK dan legalisiran dari desa
2. PC akta kelahiran
3. PC KTP kamu dan Ortu 
4. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) *Yang TERBARU. SKTM beralaku hanya 3 bulan dari tanggal pembuatan
 *Usahakan perbarui selalu setelah 3 bulan

*Bagi yang ga punya KIP
5. PC SKTM + Legalisir
6. PC KIP
7. Surat Keterangan Penghasilan orang tua. Ibu dan Bapak dipisah, jadi bikin dua
8. PC SKP dan Legalisiran dari desa
9. Poto ukuran 3x4 dan 4x6
10. Poto rumah tampak depan, belakang, samping.
11. Poto dalam rumah : kamar, kamar mandi, ruang tengah, dan dapur
*tidak usah di print

📢NOTEEE!!
Dalam mengisi Form Bidikmisi KUNCINYA ADALAH JUJUR jangan
sampai kamu berbohong apalagi dimiskin-miskinkan agar kamu terlihat tidak mampu. Percayalah kebohongan tidak akan membuahkan hasil.

Segitu dulu yang aku inget, selebihnya nanti bisa tanya guru BK atau ke kakak kelas kalian yang BM.



🌱Tips dan Note yang harus dibaca banget :
  • Daftar jangan diakhir-akhir. Disarankan kalau mau daftar jangan diakhir banget atau terlalu awal, keduanya ga baik. Kalau terlalu awal nanti website penuh karena banyak yang pake langsung serbu, dan kamu juga ga bisa ngubah data kalau kamu belum siap dengan pilihanmu. Jadi pastikan dulu kamu benar-benar yakin dengan pilihanmu dan datamu benar-benar tidak ada yang terlewat. Kemudian kalau diakhir-akhir, sesuai pengalamanku Website LTMPT kemarin nge-Down mungkin karena banyak yang akses atau gimana ga paham. Pokonya jangan diakhir, jangan jadi DEADLINERS
  • Rajin-rajinlah ke BK untuk konsul jika ingin dibantu secara maksimal, jangan lupa bertanya pada oarng-orang terdekatmu yang sudah berepngalaman agar kamu tidak bingung dan berada dalam keabu-abuan. BK tidak akan mungkin mengejar-ngejar kamu untuk mempersiapkan masa depanmu,  karena hanya kamu yang harus mengejarnya. Berusahalah dengan baik dan maksimal.
  • Jika kamu tidak masuk kedalam siswa terperingkat ikut SNMPTN, segera persiapkan UTBKmu. Matangkan usahamu. Jika kamu dulu bisa berleha-leha, sekarang waktunya kamu bergegas. Bagi kamu yang terperingkat juga jangan merasa puas, itu hanya kesempatan awal, persiapkan juga baik-baik.
  • Jika kamu belum ditakdirkan Allah utnuk lolos SNMPTN, jangan bersedih hati. Kesempatan masih banyak, jalur untuk masuk masih banyak, banyak jalan menuju roma. Usahamu mungkin belum cukup untuk mencapai kemauanmu, berjuang lebih keras lagi. Karena ga ada yang namanya keberuntungan semata, pasti ada perngorbanan dan perjuangan dalam sebuah keberhasilan. Tapi jika kamu merasa beruntung, bisa berhasil tanpa perjuangan dahulu, kamu salah. Segera sadarlah, kamu ga pernah tau, mungkin kamu ga berjuang, tapi mungkin orang-orang terdekatmulah yang berjuang sehingga kamu mendapat buahnya, ibumu mungkin? Atau ayahmu. Berterimakasihlah atas semua yang kamu dapat karena itu yang terbaik.

Tulisan ini aku persembahkan untuk sekolahku SMAN 13 GARUT. Terimakasih banyak, untuk guru-guruku yang selalu membantu, membina, dan mendukung segala proses yang dijalani. Dan untuk adik-adiku, aku harap kalian menjadi seseorang yang luar biasa, semoga banyak dari kalian yang sama halnya dipermudah baik lolos SNM, SBM, UM, pekerjaannya, atau apapun itu.

Yang aku tulis ini bukan untuk kalian tiru, bukan buat kalian terapkan semuanya dalam kehidupan kalian. Semuanya pasti punya cara masing-masing buat jadi yang terbaik. Ini sekedar cerita yang bisa aku sharing bersama kalian readers!! Terimakasih telah membaca dan mengikuti hingga akhir, semoga kalian mendapatkan apa yang kalian mauu.. Aamiin 
SEMANGAKUYYYY

Kalau ada yang mau ditanyakan boleh tulis aja di kolom kometar :)

Wassalamualaikum Wr.Wb



Bandoeng, 22 Desember 2019


ditan

Tuesday, July 9, 2019


Pengalamanku ketika menjadi kelas  XII


     Sejak Juni kemarin udara terasa semakin dingin. Aku kira itu karena daerah tempat tinggal ku yang berada di tengah-tengah pegunungan. Tapi ternyata itu semua karena Moonson Dingin Australia.

Disamping udara yang membuat diriku menggigil setiap paginya, pikiran adik-adik yang baru mau naik kelas pun ikut menggigil. Dihantui oleh pikiran-pikiran yang masih mereka terka. Humm

'Menjadi seorang Kakak Kelas'

Jujur, apa yang kalian pikirkan ketika pertama kali mendengar kalimat itu?. Apakah senang karena akan menjadi seorang kakak senior? Atau justru sedang bingung dengan segala urusan belibetnya?

Jika kamu sedang merasa senang akan menjadi senior, tolong kamu segera sadar bahwa kelas XII itu bukan saatnya kamu berlagak sok senior dan mengecilkan adik kelasmu, tapi ini adalah saat penentuan nasib masa depanmu dikemanakan. Dan jika kamu sedang merasa bingung atau bahkan takut dengan segala urusan kelas XII yang terkenal akan kebelibetan serta memusingkannya itu, santaii~ hari ini kita tumpas ketakutan kamu okay!

Here we gowwww!!

Pertama perkenalkan dulu, aku adalah seorang anak perempuan berumur 17 tahun, dan baru saja menyelesaikan masa putih abuku pada bulan Mei kemarin. Mantan siswi MIPA SMAN 13 Garut. Masih hapal semua sudut waktu ketika kelas XII kwkkw. Aku ini adalah siswi yang terbilang 'haweuk' akan berorganisasi. 5 macam organisasi dan ekstrakulikuler aku ikuti di sekolah, belum lagi organisasi diluar sekolah. Di setiap satu organisasi itu aku mengemban tanggung jawab yang besar. Keteteran atau bahkan ketinggalan adalah hal yang sudah sering aku jumpai.

Sampai-sampai aku selalu kena marah Bapak wali kelas karena terlalu sering absen dispen mengurusi tugas negara itu eheheh. Tapi itu bukan karena beliau tidak suka yaa, itu karena beliau sayang akan masa depanku.

Awal sekali akan masuk kelas XII, seperti kalian sekarang ini. Di waktu libur bahkan masih kelas XI pun, kami juga bingung dan ketakutan

"bagaimana yaa kelas XII? Huuu horor!"

"kelas XII gurunya killer killer :(("

"yahh ga bisa liburan panjang deh, karena banyak banget ujian!"

"dulu kita yang bilang selamat berpusing-pusing ria kakak! Eh sekarang gue yang mau berpusing-pusing ria :'(( "  

"Ujian Praktek, USBN, UN, SNMPTN, UTBK, SBMPTN, UM! Mabok aku"

“kelas XII pasti banyak tugas !”

"belum lagi harus pilih jurusan buat kuliah, aku kan belum tau soal kuliah"

"mana harus belajar yang giat, auto jadi kutu buku nih"

"males banget belajar, lebih seru main game :(”

 ... Dan sebagainya

Dipikir-pikir yang kita lakukan itu cuma nethink dan ngeluh. Tanpa ada usaha.. belum apa-apa udah kalah duluan ,-

Nih sedikit uraian tentang masalah-masalah diatas menurut pengalaman ku.

1. Kelas XII horor!

      Kelas XII itu ga horror, biasa aja~ santai, belajar biasa, ada murid, ada guru, ada pembelajaran. Ga ada yang aneh ko, cuma ujian yang terbilang banyak padahal sih ga banyak-banyak amat. Horror kalo di kelas kamu kerjaannya cuma tidur, nyanyi-nyanyian, 'jojorowokan teu puguh', jarang ngerjain PR, NYONTEK, dan jarang piket kelas! Wkwkwk. Pasti dah siap siap kena omelan wali kelas. Juga bakal celingukan disaat waktu Ujian dan kuliah datang.

2. Kelas XII gurunya killer!

Guru-gurunya justru super duper baik bangett sekali :) saking baiknya aku deskripsikan secara bertele-tele (Jangan ditiru nanti KTI kamu di tolak wkwkwk). Jadi sebenarnya mereka itu ga galak sama sekali. Lebih tepatnya mereka itu tegas. Mereka justru lebih care dan perhatian sama kita, terutama sama masa depan kita. Kalo kamu dimarahin sekalipun berarti kamu sedang berbuat salah. Contohnya, guru lagi ngejelasin suatu materi, yang lain ngedengerin kamu malah tidur atau ngobrol sama temen sampe cekakak cekikik, pantas ga kalo guru kamu marah? Kalo menurut aku itu sangat wajar, bahkan melemparmu dengan penghapus pun itu wajar. Karena kamu tidak menghargai orang lain, apalagi ini orang tua. Tidak hanya guru kelas XII, guru SD pun pasti marah. So? Guru kelas XII itu tidak killer okay. Asalkan kamu tidak cari masalah.

3. Ga bisa liburan!

     Gaisss kelas XII tidak semenyeramkan itu :' kita tetep dapet libur ko. Kamu bisa liburan sama kaya adik kelas kamu. Bedannya cuma di waktu aja, disaat adik kelas kamu libur, kamu harus sekolah. Nahh disaat adik kelas kamu sekolah, kamu libur panjanggggg hihihi~~

Kadang juga bareng sama adik kelas, mereka libur kita juga libur. Calm down.. refreshing itu penting, masa iya mau terus-terusan belajar tanpa bernafas sejenak. Bisa botak kalo gitu..

4. Harus mikirin tentang kuliah!

   Adik-adik, semua tentang kuliah itu diajarin secara bertahap. Kalian ga dituntut harus paham semuanya dalam waktu yang singkat. Ajaib banget kalau kalian langsung paham betul detail tentang kuliah. Bagus-bagus kalau kamu udah mulai nyari tau dasar-dasar awalnya. Nanti guru BK akan bimbing kamu dari ga tau apa-apa sampe jadi pembantu temen yang lain mengenai urusan kuliah, beasiswa, dsb.

   Dimulai dari kenali bakat dan minat kamu dulu, sampai kamu temukan dimana sih dan apa sih yang cocok buat aku. Jadi jangan khawatir.

5. Kelas XII banyak tugas!!

     Kalo untuk tugas, kelas X sama XI pun juga pasti ada tugas, jumlahnya ga banyak kok. Sama aja kaya kalian dulu kelas X XI. Mungkin bedanya adalah bobot dari tugas itu. Ya namanya juga kelas XII udah mau kuliah dan dituntut buat terbiasa akan tugas.

Dulu guruku pernah bilang “orang yang ga bisa kuliah itu adalah orang yang malas mengerjakan tugas dan orang yang suka menyontek. Hidupnya aja mereka gantungkan pada orang lain. Bagiamana masa depannya?.” Tuhkan sebenarnya tugas itu bukan beban, tapi justru pelatihan supaya kita tanggung jawab juga mandiri.

Ini adalah sedikit pengalamanku mengenai tugas.

Jujur menurutku tugas yang paling agak seram itu KTI alias Karya Tulis Ilmiah. Tapi tugas ini juga seru banget. Kenapa bisa seram? Karena rangkaiannya itu, dan proses bikinnya yang Alhamdulillah bikin kita bolak balik rumah Pak guru terkait. Tapi bisa aja sih dikerjain di sekolah.

  • Membuat 3 buah judul sesuai tema yang didapat
  • Membuat kerangka KTI
  • Menyusun KTI
  • Revisi
  • Persetujuan
        Pertama kita bakal dibagi kelompok yang terdiri dari 2 orang. Saran : pilihlah teman yang dekat. Dekat rumahnya, dekat pikirannya, juga dekat kemauannya. Jadi kamu bakal nyaman. Setelah itu, kamu bakal di dikasih tema secara acak, dan itu akan menjadi dasar pembuatan KTI kamu. Lalu kamu disuruh menentukan 3 judul yang nantinya akan dibantu pilihkan oleh Bapak.
         Setelah itu, kamu tinggal bikin kerangka. Disinilah kesalahan banyak diperbuat :) Jadi harus banyak-banyakin nanya dan konsul, mau di sekolah saat pembelajaran, mau di sekolah saat waktu lenggang, atau lagi santai bisa ke rumahnya pak guru. Guru itu kadang juga ada moodnya dan kesibukannya masing-masing, makanya jangan sampai leha-leha yaa. Kejar teross pepet ajaa wkwkwk.
       Karena KTI ini juga salah satu tugas wajib yang membantu nilai B.Indonesia di raport kamu lulus dengan nilai bagus. Kalo kamu ada masalah ditugas ini, urursan bisa belibet.
      Nah setelah kerangka akhirnya jadi. Kalian lanjut membuat KTI seutuhnya. Tinggal kembangkan aja judul-judul yang ada di kerangka ke dalam isi KTI sampai jumlah halaman KTI kamu terpenuhi. Misalnya KTI itu minimal harus 80 lembar. Nah selamat berhalu ria. Dalam penyusunan isi juga haruslah sering konsul.
      Dulu aku dan partnerku juga sering pulang  sore karena konsul. Dan juga sering kerja kelompok sampai larut malam karena ingin tekanan ini segera lenyap :V sebelum menyesun KTI ada baiknya kamu melakukan observasi, wawancara, atau juga mengumpulkan banyak sekali referensi dari google. Itu sangat membantu. Kamu juga bisa liat KTI buatan kakak kelasmu. Supaya ada ide baru.
       Nyusun KTI itu katanya seperti latihan menyusun Skripsi. KTI ga ada apa-apanya dibanding Skripsi. Nah manfaatnya itu ya ini, kita jadi bisa belajar latihan skripsi dari guru yang sangat ahli. Belum tentu sekolah lain ada tugas dan guru macam di sekolah kita.
        Untuk tugas mapel lain masih normal kok. Ada penelitan, laporan, persentasi, juga mencatat :)
    6. Ujian Praktek ribet!
       Kalau tugas itu KTI yang sedikit seramnya. Ujian praktek ada yang paling sedikit menyebalkan. Yaitu uprak kesenian. Jadi ujiannya dibagi menjadi 5 bagian ; bernyanyi, menari, melukis, seni kriya, dan Drama. Menyebalkannya? Paling banyak menguras uang jajan wkwkkw. Tapi ini juga uprak paling seru! Dikelompokkan juga, jadi ga terlalu susah dikerjakan. Bernyanyi bersama dengan aransemen versi kalian, menari bersama saat flashmob di acara PENSI, melukis mencorat-coret kanvas juga lantai kelas, membeli seni kriya di selaawi karena gamau ribet, lalu menonton film bareng di kelas terus bikin laprannya deh. Selesai!
                Nah kalo mapel lain seperti ini :
    - KWU = ngegambar batik khas Indonesia (BEBAS) di kertas yang udah disediain (kertas buram) terus boleh redraw juga. Gampanggg
    - biologi = bikin makanan bioteknologi lalu bikin laporannya. Laporannya kita setorkan makannanya kita makan bareng-bareng.
    -B. sunda = Akting! Bikin film. Woahh ini paling seru. Kita belajar acting terus edit sendiri juga, isi suara. Kekreatifan dan kekompakan kelompok diuji disini. Uprak ini ada dua pilihan. Yang pertama kita drama langsung disaksikan Ibu guru. Atau kita acting, edit,terus setorkan dalam bentuk video, CD, atau dalam flashdisk yang nantinya ditonton ibu. Kalau aku sendiri ikut pilihan kedua
    - PAI = memandikan jenazah dan solat jenazah. Ini hapalan aja, tapi harusnya di praktikan. Pada patung yaa bukan jenazah asli :) kalo gitu serem juga yakan.
    - B. inggris = Cuma wawancara menggunakan bahasa inggris. Ngobrol santai aja, tap pake bahasa inggris. Ngobrol sama bapak gurunya langsung. Kalo kamu ga bisa tingga jawab ‘yes sir’ atau ‘no sir’ jangan dibikin ribet pokonya.
    Udah ya spoiler nya :V selebihnya kamu pasti jalanin sendiri. Itu udah setengah perjalanan uprak wkwkwk. Tapi mohon maaf ya kalo tahun kamu agak sedikit berbeda, ini adalah pengalamanku, entah denganmu.
    7. Kelas XII banyak Ujian!
        Oke ini mungkin menjadi part paling menakutkan ya bagi kelas XII. Tapi sebenarnya ini tuh menyenangkan loh!!

  • USBN

Ujian yang satu ini kaya UN kecil-kecilan. Di awas oleh guru dari sekolah kita sama dari sekolah lain. Duduknya juga sendiri, dan soalnya ada 2 paket. Pemerintah itu baik banget ya sama kita. Biar ga terlalu shock sama ujian, kita dibikin bertahap. Level 1 dulu terus level 2, level 3, sampai yang paling susah. Inget. Jangan NYONTEK!! Kalo ga bisa gapapa ngasal aja, jangan nyontek pokonya. Atau kalo ga bisa semua pilih aja jawabnnya A semua, atau B semua, boleh juga C semua, mungkin kamu bakal betul 5 tapi itu hasil kamu. Lebih jujur

  • UN

Nahh ini adalah akhir ujian mu nak :) edankeun *peace

Sebelum UN, biasanya ada simulasi.  Ini buat patokan kamu segimana susah sih soal UN itu. Sekitar 3-4 kalian simulasi dilaksanakan. Dan waktunya pun ga langsung blek blek gitu, tapi ada jeda nya. Tuhkan jadi kalem aja ga usah riweuh takut teu puguh' kitu. Masih bisa beajar banyak.

Buat UN sekarang berbasis komputer. Jadi kalian ga perlu bawa buku, cukup bawa pulpen aja buat 'ngotret' kalo mapel hitungan, sama kartu peserta jangan sampai lupa, terus bawa pikiran dingin :) kalo panas insyaAllah bakal blank. Jadi kuat-kuatin mental.

Oh iyaa ada yang nanya nih :

"Teh dulu teteh beli buku UN apa? Atau buku SBMPTN sama USBN gimana?"

Jujur aku ga beli buku-bukuan. Bahkan buku persiapan UN yang disediakan perpustakaan aja aku gak kebagian habis tak bersisa :) untungnya aku dikasih buku UN yang biasa ada diperpus sama kakak kelas sebelumnya. Jadi ya saat UN aku cuma ngandelin buku detik-detik UN 2017/2018, Bank soal Kimia, latihan-latihan soal UN sebelumnya, simulasi, dan YouTube. Sebenarnya selain yang aku sebutin tadi, ada satu sumber UN yang aku rahasiain. Buku catatan UN. Buku ini adalah buku kosong yang aku isi dengan rangkuman dari hasil belajar di kelas, baca buku materi kelas X, XI, dan XII, nonton youtube, simulasi, hard questions, dan bimbel sekolah. Semuanya aku rangkum dalam buku itu. Mungkin ini bisa kalian tiru, buku itu buat semenarik mungkin supaya kamu senang bacanya, dan rangkum konsepnya, intinya aja jangan panjang-panjang yang penting kamu ngerti.

Lebih bagus kalo kamu beli buku, tapi baca juga pahami jangan cuma beli. Sepengalamanku soal-soal simulasi itu mirip dengan soal UN tahun kemarin. Tapi – waktu UN tiba soal seperti asing banget dan gatau harus kaya gimana, terkhusus mata pelajaran matematika dan peminatan. Tapi karena baca buku, setidaknya kita memahami konsep. Makanya mau soal gimana pun kalo kita paham konsep pasti bisa. Tapi sebagian orang malah bilang soal UN mirip simulasi. Nah bisa juga karena paketnya banyak banget. Tips : coba kalian poto aja soal-soal simulasi, apalagi yang susah. Dibolehin ko. Sepulang dari sekolah coba kamu kerjain, atau kamu bahas deh sama temen-temen atau guru kamu. Insyaallh itu trik yang paling bagus buat latihan soal UN.

Di kelas juga biasaya 4 matpel yang diUN kan sering bahas soal UN, jadi ga perlu khawatir. Oh iya jangan lupa juga catet soal-soal yang biasa muncul, itu lumayan nambah poin untuk nilai kita.

  • SNMPTN
  • UTBK
  • SBMPTN

Untuk ketiga itu, Next time insyaAllah aku bahas di part yang lain. Bagaimana aku menentukan pilihanku.

8. harus jadi kutu buku!

Kata siapa? Pengalaman aku nih ya yang sering banget ketinggalan pelajaran. Intinya kamu harus pinter manage waktu deh. Sebenernya kunci berhasil belajar itu adalah ikhlas, niat dalam hati, dan pikiran dingin tentunya. Belajarlah sesuai dengan cara kamu sendiri, dimana gaya nyaman kamu. Apa harus kerja kelompok, atau baca sendirian ngurung terus ditempat sepi, belajar menggunakan animasi yang ditonton, atau sambil ngemil, sambil dengerin musik. Apa aja yang penting buat kamu nyaman. Kamu bakal ga sadar kalo sebenernya kamu itu lagi belajar!

Kalo aku sendiri suka baca di tempat sepi, kadang harus hening, kadang juga justru aku sendiri yang ‘gandeng siga’ reporter, kadang juga nonton youtube. Apapun. Lakukan aja. Dan perlu kamu tau waktu belajar pun berpengaruh . Ada yang suka pagi, ada yang subuh, sore, malam, dll. Itu juga di sesuaikan sama kamu.

Ngomong ngomong tentang belajar apalagi untuk persiapan UN. Sekolah juga memfasilitasi siswa siswinya yaitu dengan adanya

9. BIMBEL

    Sedikit ku bahas tentang bimbel. Ada beberapa lembaga bimbel yang menawarkan jasanya, baik itu langsung atau online dalam bentuk aplikasi. Tapi temen-temen, sepengalaman akuvbimbel yang paling ampuh itu bimbel yang disediain sekolah. Bener-bener murah dan yang pastinya paham. Apalagi pengajarnya adalah guru kita sendiri, udah ga canggung dan ga sungkan buat bertanya apalagi sharing. Tentunya kita ga diikat waktu, kapan pun bisa bertanya pada beliau.

 Dulu aku sering banget ikut nonton aplikasi bimbel online punya temenku, kadang juga ikut baca buku persiapan UN punya temenku juga, tapi itu semua cuma aku perhatikan ga aku baca sampai beres, lalu aku coba bandingin sama bimbel yang ada di sekolah, sebenarnya sama aja, bahkan lebih menyenangkan yang di sekolah menurutku. Untuk apk bimbel, tontonannya sama aja kaya kita nonton Youtube, bedanya itu lebih tersusun dan lebih lengkap. Tapi itu terserah kamu, kalo mau ikut lembaga bimbel juga ga apa-apa, bagus malah lebih banyak sumber belajar.

Sudah dipenghujung. Intinya yang aku mau sampein itu adalah : Teman-teman, kelas XII itu ga semenyeramkan yang kita bayangkan juga ga sebecanda yang kita ekspetasikan. Ga harus riweuh juga ga boleh santai. Kalo kamu mampu maka kerjakan kalo kamu belum mampu maka usahakan kalo kamu mentok ga mampu maka tinggalkan. Tapi jangan semuanya ga mampu juga..

Semuanya ada prosesnya kok, ga langsung dan ga secepat itu. Ada jedanya, juga ada waktunya. Kamu bakal diajarin dari nol sampe bisa. Ga usah takut. Kita bisa karena kita belajar dan berusaha. Kalo salah, itu wajar. proses dalam pelajaran.

Dan teruntuk kamu yang belum mampu buat beli buku UN atau buku lainnya. Ga usah sedih. Buat alternatif lain aja, contohnya kaya yang aku lakukan, bikin catatan sendiri. Dan kalo kamu juga belum mampu buat ikut lembaga bimbel ternama. Ga usah ngeluh dan maksa orang tua buat daftarin kamu. Sekolah juga nyediain bimbel yang lebih murah. Kalo kamu ga mampu buat bayar bimbel sekolah, bilang aja ke BP atau wali kelas kamu. Take it's easy! Pasti ada jalannya.

Kamu harus tau bahwa ga punya buku UN, ga ikut bimbel pun kamu bisa menjadi peraih nilai UN terbesar di sekolah. Ini bukan tentang seberapa banyak fasilitas kamu, tapi tentang seberapa besar pengorbanan dan perjuangan kamu. Eheheh Keep Fighting!

Bagi kamu yang mampu. Jangan sia-siakan kesempatan kamu! Ayoo!!! Mari sama sama terus berjuang!!!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang mau naik kelas apalagi kelas XII. Semoga dapat mengahalau ketakutan mu tentang pikiran-pikiran yang belum kamu ketahui. Mohon maaf jika dalam penulisan ini terdapat hal yang kurang baik dan benar. Ambillah yang baiknya~
Kalau ada pertanyaan boleh tulis aja di Comment :)

Terimakasih!! Selamat menjadi kakak kelas!😉

Ciao!

Garut (2019)